doa terbebas dari hutang riba

Riba sebagai salah satu dosa besar bisa menjadi sebuah ganjalan yang membuat Sahabat Muslim gagal meraih tujuan hidup berupa surga. Riba menjadi sebuah praktek yang seringkali dianggap umum sehingga tanpa sengaja dilakukan karena dianggap sebagai hal yang biasa. Untuk bisa terbebas dari riba maka ada beberapa amalan dan doa terbebas dari hutang riba yang bisa dilakukan.

Pentingnya Mengetahui Cara Menghindari Riba

Menghindari riba merupakan hal paling utama yang bisa dilakukan oleh setiap muslim. Riba memberikan kerugian baik bagi muslim yang melakukan dan mendapat keuntungan ataupun muslim yang dirugikan dalam transaksi mengandung riba tersebut.

Salah satu cara terbaik dan bijaksana agar terbebas dari praktek riba adalah memahami definisi riba beserta jenis – jenisnya. Berbekal pengetahuan tersebut maka Sahabat Muslim bisa menghindari praktek perdagangan ataupun pertukaran barang yang mengandung riba.

Mencegah melakukan atau terlibat dalam praktek muamalah yang melibatkan riba merupakan pilihan terbaik. Akan tetapi bagaimana jika Sahabat Muslim sudah terlanjur terlibat atau melakukan praktek riba? Salah satu hal paling utama adalah bertaubat dan berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut. Sedangkan jika Sahabat Muslim terjebak dalam utang riba, maka ada amalan dan doa terbebas dari hutang riba yang bisa dilakukan.

Beberapa Amalan / Bacaan Doa  Terbebas Dari Hutang Riba

Ada beberapa amalan dan doa terbebas dari hutang riba yang bisa dipraktekkan oleh Sahabat Muslim agar segera terbebas dari jeratan riba dan memperoleh rizki yang lapang dan halal. 

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah adalah dengan membaca : 

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhim, robbana wa robba kulli syaiin, faaliqol habbi wan nawaa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A’udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba’daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal baathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli ‘annad daina wa aghnina minal faqri.

Doa tersebut memiliki arti: Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.”

Amalkan do’a di atas, setiap hari sebelum tidur dan disertai dengan sunnah-sunnah ketika hendak tidur yang lain; seperti berwudhu sebelum tidur hingga posisi berbaring menyamping menghadap ke kanan.

Amalan lain agar Sahabat Muslim bisa terbebas dari hutang riba yang juga bisa dipraktekkan adalah doa meminta kemudahan agar terbebas dari lilitan hutang berikut. Sahabat Muslim bisa melafazkan doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga:

اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

Allahummakfini bi halâlika ‘an haramik, wa aghnini bi fadhlika ‘amman siwaka

Doa tersebut memiliki arti: Tuhanku, cukupilah diriku dengan jalan (harta) yang Kauhalalkan, bukan jalan (harta) yang Kauharamkan; dan lengkapilah diriku dengan kemurahan-Mu, bukan kemurahan selain diri-Mu.

Berkenaan dengan do’a ini, Ali bin Abi Thalib r.a. beliau mengatakan,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajariku sebuah doa. Andaikan aku memiliki utang (emas) sebesar Gunung Tsabir, Allah pasti akan memudahkanku untuk melunasinya.” Kemudian, beliau membaca do’a di atas.

(HR. Turmudzi; disahihkan oleh Syeikh Al-Albani)

Penutup

Semoga pengetahuan tentang definisi dan contoh praktek riba yang ada di sekitar kita beserta amalan dan doa terbebas dari hutang riba ini bisa membebaskan Sahabat Muslim sekalian dari kesulitan hidup yang disebabkan oleh praktek riba yang pernah dilakukan.

By Tommy Indrakusuma

Saya adalah seorang digital marketer, SEO specialist dan Meta Ads Specialist di salah satu perusahaan pengembang software di Temanggung Jawa Tengah. Sebelumnya pernah mengajar di sekolah swasta dan bimbingan belajar di Pondok Indah Jakarta Selatan, yang menambah pengalaman saya dalam menyampaikan materi dalam proses mengajar dan training.