cara mendapat penghasilan tambahan dari internet

Menginginkan penghasilan tambahan dari internet adalah keinginan yang seringkali muncul di tengah masyarakat yang semakin terkoneksi dengan dunia digital. Beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet ini mungkin bisa jadi referensi buat kamu.

Namun, penting untuk diingat bahwa istilah “tanpa modal” sebenarnya agak kurang tepat. Dalam realitasnya, ada beberapa aspek yang diperlukan seperti perangkat seperti laptop atau ponsel dan koneksi internet yang diperlukan untuk memulai dan itu terhitung sebagai modal awal. Meskipun demikian, modal yang dibutuhkan relatif minim. Inilah beberapa tips mendapatkan penghasilan tambahan dari internet dengan modal sekecil mungkin:

1. Menulis Artikel atau Konten

Salah satu cara termudah untuk memulai adalah dengan menulis artikel atau konten untuk situs web, blog, atau platform penulis lepas. Ini memerlukan hanya perangkat untuk menulis dan akses internet. Kamu dapat mendaftar di platform penulis lepas seperti Upwork atau Freelancer untuk situs luar negeri, bisa juga di Sribu.com atau Projects.co.id untuk situs dalam negeri.

2. Survei Online

Banyak situs web membayar pengguna untuk mengisi survei online. Dengan hanya menggunakan perangkat Kamu dan koneksi internet, Kamu dapat mendaftar di platform seperti Swagbucks atau Toluna.

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah cara di mana Kamu mempromosikan produk atau layanan orang lain dan mendapatkan komisi ketika seseorang membeli melalui tautan afiliasi Kamu. Modalnya sangat minim, hanya perlu perangkat dan akses internet. Mendaftar ke program afiliasi relevan dengan niche Kamu adalah langkah pertama. Selanjutnya kamu bisa sebar link afiliasi kamu di sosial media atau website sendiri hingga seseorang membeli produk dengan link affiliate kamu.

4. Endorsement Konten Kreator

Cara mendapatkan uang lewat internet yang cukup populer adalah buka jasa endorse. Jika Kamu adalah seorang konten kreator dengan pengikut yang banyak dan aktif di platform seperti Instagram, YouTube, atau TikTok, Kamu dapat menghasilkan uang dengan melakukan endorsement produk atau layanan merek. Modal yang diperlukan hanyalah perangkat untuk membuat konten saja.

5. Publisher Ad

Menjadi publisher iklan dengan mendaftar ke program periklanan seperti Google AdSense memungkinkan Kamu menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di situs web atau blog Kamu. Modal minimal hanya perangkat dan koneksi internet.

6. Bikin TikTok Series

Dilansir dari laman tiktok.com, tiktok series memberikan kesempatan kepada kreator yang memenuhi syarat untuk memposting koleksi konten premium di balik paywall dan mendapatkan bayaran untuk konten tersebut di TikTok. Artinya, akun tiktok personal bisa menjual konten-kontennya kepada user tiktok yang lain. Ini adalah salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet yang tergolong minim modal.

7. Berpartisipasi dalam Pekerjaan Gig

Bekerja sebagai freelancer dalam pekerjaan kecil atau tugas-tugas singkat di situs web seperti TaskRabbit atau Gigwalk dapat memberikan penghasilan tambahan tanpa modal yang signifikan.

8. Menjual Fotografi atau Karya Seni

Jika Kamu memiliki keterampilan fotografi atau seni, Kamu dapat menjual foto atau karya seni Kamu di platform seperti Shutterstock, Adobe Stock, atau Etsy. Kamu hanya perlu perangkat untuk mengunggah karya Kamu, bahkan cukup dengan HP. Kamu bisa cek beberapa VT di tiktok yang bisa ngajari kamu tips fotografi HP yang layak jual.

9. Menulis eBook

Menulis dan menerbitkan eBook melalui platform seperti Amazon Kindle atau Google Play Books adalah cara lain untuk menghasilkan penghasilan tambahan dengan modal minim. Yang penting pastikan ebook kamu adalah sesuatu yang informasinya benar-benar dibutuhkan orang.

10. Menjadi Seorang Vlogger atau Youtuber

Jika Kamu memiliki kemampuan untuk membuat video yang menarik, Kamu dapat menghasilkan uang dari iklan YouTube atau sponsor. Perangkat yang dibutuhkan adalah kamera dan komputer untuk mengedit video.

Penutup

Sekarang, Kamu memiliki beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet dengan modal yang sangat minim. Ingatlah, kunci kesuksesan adalah konsistensi dan kerja keras. Jadikan internet sebagai alat untuk mencapai tujuan keuangan Kamu dengan cara yang bijak. Kalau kamu punya referensi lain cara mencari uang dengan cepat di internet, yuk komen di bawah! Aku yakin, seiring perkembangan jaman, akan selalu ada cara lain menghasilkan uang dari internet.

By Tommy Indrakusuma

Saya adalah seorang digital marketer, SEO specialist dan Meta Ads Specialist di salah satu perusahaan pengembang software di Temanggung Jawa Tengah. Sebelumnya pernah mengajar di sekolah swasta dan bimbingan belajar di Pondok Indah Jakarta Selatan, yang menambah pengalaman saya dalam menyampaikan materi dalam proses mengajar dan training.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *