cara membuat cv taaruf

Cara membuat CV taaruf, apakah Sahabat Muslim ingin mempelajarinya saat ini? Memang taaruf ini adalah ikhtiar menjemput jodoh menurut Islam. Makanya tidak perlu khawatir, kali ini kami akan memaparkan panduan lengkap mengenai cara membuat CV taaruf terbaik beserta contohnya. Terus simak ya!

Apa Isi CV Taaruf

Perlu diketahui, dalam proses taaruf, CV adalah media terpenting yang digunakan untuk saling memperkenalkan diri menurut syar’i. Dalam Islam, pada tahap ini kedua belah pihak diharapkan untuk tidak bertemu kecuali dengan melibatkan pihak yang merupakan mahramnya.

Untuk itu, penggunaan CV sebagai media taaruf bisa menjadi pilihan terbaik. Hanya pastikan Sahabat Muslim mampu membuat CV dengan jelas, lengkap dan menarik sehingga masing-masing pihak bisa mendapatkan gambaran baik.

Terdapat beberapa poin penting yang akan disertakan dalam CV, beberapa poin yang dimaksudkan ialah sebagai berikut:

  • Data diri
  • Riwayat pendidikan
  • Profil keluarga
  • Kriteria calon pasangan
  • Rencana setelah menikah
  • Visi dan misi pernikahan
  • Dan lain-lain

Langkah-langkah Membuat CV Taaruf Yang Menarik

1 Data Diri

Tidak jauh berbeda dengan membuat CV melamar kerja pada umumnya, membuat CV taaruf juga mengharuskan Sahabat Muslim untuk mencantumkan diri. Bahkan untuk CV ini, Sahabat Muslim bisa memasukkan data diri yang lebih lengkap, jelas dan benar. Misalnya mencantumkan nama, foto, nama panggilan, pekerjaan, tempat dan tanggal lahir hingga BB.

Sahabat Muslim juga bisa memasukkan gambaran fisik lebih detail pada poin ini jika memang merasa dibutuhkan.

Masukkan pula status, alamat asal, nomor HP, e-mail serta semua akun sosial media Sahabat Muslim sebagai cara membuat CV taaruf yang baik dan benar.

2 Riwayat Pendidikan

Pada poin ini, Sahabat Muslim bisa memasukkan pendidikan formal maupun nonformal jika memang ada. Pastikan Sahabat Muslim telah menggunakan format yang sama pada kolom pendidikan formal dan nonformal seperti menyertakan nama pendidikan, alamat hingga tahun pendidikan. Sehingga pembaca lebih  mudah mengerti.

3 Profil Keluarga

Profil keluarga merupakan poin yang cukup direkomendasikan untuk ditulis. Karena menikah tidak hanya menyatukan 2 insan, tetapi menyatukan 2 keluarga, yaitu keluarga calon laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, sahabat muslim bisa menuliskan profil singkat keluarga, latar belakang keluarga secara umum saja tanpa perlu keterangan detil pada CV taaruf. Penjajakan secara detil tentan keluarga bisa berlanjut ketika proses taaruf sudah memasuki tahap lebih dalam.

4 Kriteria Calon Pasangan

Beberapa kriteria yang bisa Sahabat Muslim masukkan ialah seperti kriteria non fisik (pendidikan, karakter, kesukaan, aktivitas harian, dan lain-lain). Selain itu, Sahabat Muslim juga bisa memasukkan kriteria fisik (seperti riwayat kesehatan) dan beberapa kriteria tambahan yang memang diinginkan oleh sahabat sendiri maupun harapan dari orang tua.

5 Rencana Setelah Menikah

Sebelum menjelaskan visi dan misi pernikahan, Sahabat Muslim harus memaparkan dengan jelas bagaimana rencana setelah menikah nanti, meliputi:

  • Kehidupan rumah tangga yang diinginkan
  • Tempat tinggal setelah menikah
  • Pekerjaan
  • Keturunan hingga pendidikan anak
  • Cara pengelolaan keuangan
  • Target jangka pendek hingga target jangka panjang
  • Dakwah dalam lingkungan keluarga

6 Visi dan Misi Pernikahan

Berfungsi sebagai media untuk taaruf, Sahabat Muslim wajib memasukkan visi dan misi pernikahan di dalam CV taaruf tersebut. Masing-masing pasangan bisa mengetahui gambaran kedepan setelah menikah dengan adanya visi dan misi pernikahan. Selain pada CV Taaruf, ajukan juga pertanyaan taaruf untuk calon suami dan istri agar visi dan misi menikah lebih jelas.

Contoh CV Taaruf

1 Contoh CV Taaruf Laki-laki 

2 Contoh CV Taaruf Perempuan 

Persiapkan Taaruf Syar’imu 

Tunggu apalagi? Sahabat Muslim bisa melancarkan aksi taaruf segera untuk mendapatkan jawaban terbaik dari Allah SWT. Beberapa persiapan yang bisa Sahabat Muslim lakukan ialah seperti salat istikharah agar mendapatkan petunjuk dari Allah, untuk pihak lelaki beranikan diri untuk bertemu dengan calon mertua merupakan jalan terbaik untuk memperlihatkan kemantapan hati dan keseriusan membangun rumah tangga.

Itulah ulasan ringkas seputar cara membuat CV taaruf yang baik dan benar, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Sahabat Muslim yang membutuhkan. 

By Lina Aliyah

Saya adalah seorang aktivis kerohanian islam, ibu rumah tangga dan pemerhati remaja. Saya sudah terbiasa menulis artikel di rubrik opini pada berbagai situs dan portal online khususnya dengan tema keislaman.

One thought on “Begini Cara Membuat CV Taaruf Yang Benar Dan Syar’i”

Comments are closed.